Senin, 02 Agustus 2010

Magic Disc Sebagai Media Pembelajaran

Media Pembelajaran

Magic Disc sebagai media pembelajaran merupakan fasilitas penting dalam sekolah karena bermanfaat untuk meningkatkan perhatian anak. Dengan Magic Disc, anak diajak secara aktif memperhatikan apa yang diajarkan guru. Penggunaan Magic Disc diikuti dengan metode anak aktif, maka efektifitas pengajaran akan semakin baik. Magic Disc juga dapat melengkapi media pembelajaran di sekolah anda, disamping itu imbangi pula dengan kreasi-kreasi yang meningkatkan kreaktifitas siswa -siswa anda, misalnya dengan menggunakan Magic Disc sebagai media pembelajaran pada setiap topik pembehasan.
Sampai saat ini ada 4 (empat) jenis Magic Disc yang kami perkenalkan untuk anda:
1. Magic Disc English (media pembelajaran bahasa inggris)
2. Magic Disc Physics (media pembelajaran fisika)
3. Magic Disc Mathematics (media pembelajaran matematika)
4. Magic Disc Kimia

Magic Disc sebagai media pembelajaran atau alat bantu mengajar adalah perlengkapan yang digunakan oleh seorang guru dalam mengajar. Magic Disc dipakai saat guru menerangkan pelajaran, Jadi Magic Disc adalah media pembelajaran penting sebagai salah satu fasilitas “wajib” dalam sekolah saat ini karena:
1. Dengan Magic Disc sebagai media, pembelajaran akan disajikan lebih menarik.
2. Mengarahkan perhatian anak (anak perlu alat bantu untuk berkonsentrasi dalam mendengarkan pengajaran).
3. Membantu pengertian (menjelaskan cerita), karena pengertian anak akan sesuatu hal bisa berbeda dengan apa yang guru maksudkan. Sementara tidak semua guru dapat menceritakan dengan baik detail- detail ceritanya. Jadi penggunaan Magic Disc sebagai media pembelajaran adalah alat untuk menjelaskan yang sangat efektif.
4. Magic Disc sebagai media pembelajaran adalah alat bantu bagi anak untuk mengingat pelajaran. Magic Disc dapat menimbulkan kesan di hati sehingga anak-anak tidak mudah melupakannya. Sejalan dengan ingatan anak akan Magic Disc itu, ia juga diingatkan dengan pelajaran yang disampaikan guru.
5. Semakin kecil anak, ia semakin perlu visualisasi/konkret (perlu lebih banyak media pembelajaran) yang dapat disentuh, dilihat, dirasakan, dan didengarnya.
Hambatan Utama Penggunaan Magic Disc
1. Guru malas menyediakan Magic Disc sebagai media pembelajaran (biasanya dengan alasan: saya tidak punya waktu/dana, sekolah belum memiliki perlengkapannya, dll.)
2. Guru beralasan “saya tidak bisa/tidak berpengalaman/saya tidak pandai menggunakan Magic Disc sebagai media pembelajaran “, dan sebagainya.
3. Alasan guru “Begini saja ‘kan cukup … mau apa lagi?” (hal ini biasanya diucapkan guru yang merasa pandai berbicara).
4. Keterbatasan dana,(walaupun harganya sangat murah dan dapat dijangkau oleh semua lapisan masyarakat)
Mengingat sangat pentingnya Magic Disc sebagai media pembelajaran di sekolah, hal berikut dapat dilakukan, yaitu:
1. Komite Sekolah membuat tim kreatif, agar guru- guru merasa tidak sendiri dalam mempersiapkan Magic Disc sebagai media pembelajaran. Magic Disc dipersiapkan bersama-sama sehingga dapat disimpan sebagai koleksi Sekolah.
2. Dewan guru beserta dengan kepala sekolah dapat menjadikan Magic Disc sebagai koleksi di perpustakaan dengan menggunakan Biaya Operasional Sekolah (BOS).
3. Dan lebih ringan lagi bila biaya pengadaan Magic Disc di tanggung masing-masing siswa dengan dikoordinir oleh guru bidang study/guru kelas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar